1. Secara periodik bagian keuangan akan memberikan voucher pengeluaran bank atas pembayaran pembelian aktiva tetap kepada bagian akuntansi, disamping itu secara periodik juga bagian logistik akan membuat laporan penerimaan aktiva tetap setiap bulannya dan akan diberikan ke bagian akuntansi.
2. Berdasarkan voucher pengeluaran bank dan laporan penerimaan
barang tersebut bagian akuntansi akan melakukan input jurnal aktiva tetap pada
sistem dan melakukan update data aktiva tetap pada laporan aktiva tetap.
3. Setelah melakukan update laporan aktiva tetap maka bagian
akuntansi akan melakukan perhitungan besarnya penyusutan aktiva tetap setiap
bulannya, yang kemudian akan diinput ke sistem dengan jurnal penyusutan dan
akumulasi penyusutan atas aktiva tetap tersebut.
4. Setelah input jurnal
penyusutan dan akumulasi penyusutannya maka dilakukan proses posting pada
sistem untuk mendapatkan saldo masing-masing aktiva tetap dan saldo
masing-masing penyusutan dan akumulasi penyusutannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar