Standar
4.3. Mutu
layanan klinis dan sasaran keselamatan pasien diukur, dikumpulkan dan
dievaluasi dengan tepat.
Kriteria
1.3.1. Pengukuran menggunakan instrumen-instrumen yang efektif untuk mengukur
mutu layanan klinis dan sasaran keselamatan pasien
Pokok Pikiran:
- Dalam upaya peningkatan mutu layanan klinis perlu ditetapkan ukuran-ukuran mutu layanan klinis yang menjadi sasaran peningkatan layanan klinis.Untuk meningkatkan keselamatan pasien perlu dilakukan pengukuran terhadap sasaran-sasaran keselamatan pasien. Indikator pengukuran keselamatan pasien meliputi: tidak terjadinya kesalahan identifikasi pasien, tidak terjadinya kesalahan pemberian obat, tidak terjadinya kesalahan prosedur tindakan medis dan keperawatan, pengurangan terjadinya risiko infeksi di klinik, dan tidak terjadinya pasien jatuh.
Elemen
Penilaian:
- Disusun dan ditetapkan indikator mutu
layanan klinis yang telah disepakati bersama
- Ditetapkan sasaran-sasaran keselamatan
pasien sebagaiman tertulis dalam Pokok Pikiran.
- Dilakukan pengukuran mutu layanan klinis
mencakup aspek penilaian pasien terhadap pelayanan klinis, asuhan
pelayanan klinis, pelayanan penunjang diagnosis, penggunaan obat antibiotika,
dan pengendalian infeksi nosokomial
- Dilakukan pengukuran terhadap indikator-indikator keselamatan pasien sebagaimana tertulis dalam Pokok Pikiran
Kriteria
4.3.2. Target mutu layanan klinis dan sasaran keselamatan pasien ditetapkan
dengan tepat
Pokok Pikiran:
- Untuk mengetahui nilai keberhasilan pencapaian mutu layanan klinis dan keselamatan pasien, maka perlu ditetapkan target (batasan) yang harus dicapai untuk tiap-tiap indicator yang dipilih dengan acuan yang jelas.
Elemen Penilaian:
- Ada penetapan target mutu layanan klinis dan
keselamatan pasien yang akan dicapai
- Target tersebut ditetapkan dengan
mempertimbangkan pencapaian mutu
klinis sebelumnya, pencapaian optimal pada sarana kesehatan yang
serupa, dan sumber daya yang dimiliki
- Proses penetapan target tersebut melibatkan tenaga profesi kesehatan yang terkait
Kriteria
4.3.3. Data mutu layanan klinis dan
sasaran keselamatan pasien dikumpulkan dan dikelola secara efektif
Pokok Pikiran:
- Untuk memonitor mutu layanan klinis dan keselamatan pasien, perlu dilakukan pengukuran-pengukuran dengan indikator yang telah ditetapkan secara periodik, dianalisis, untuk menentukan strategi dan rencana perbaikan mutu layanan klinis.
Elemen
Penilaian:
- Data mutu layanan klinis dan
keselamatan pasien dikumpulkan secara periodik
- Data mutu layanan klinis dan
keselamatan pasien didokumentasikan
- Data mutu layanan klinis dan keselamatan pasien dianalisis untuk menentukan rencana dan langkah-langkah perbaikan mutu layanan klinis dan keselamatan pasien
Tidak ada komentar:
Posting Komentar