Senin, 10 Agustus 2020

Peran dan Tanggung Jawab Manager of Duty (MOD) di Rumah Sakit

Manager of Duty (MOD) bertanggung jawab kepada Direktur Rumah Sakit & Direktur Pengembangan Keperawatan & Layanan Klinis atas kinerja dan pemberian layanan Rumah Sakit setelah jam kerja sesuai dengan hasil yang disepakati termasuk target.  Manager of Duty (MOD) harus mampu menafsirkan kebijakan, membuat keputusan tepat waktu yang berdampak langsung pada perawatan pasien, memastikan komunikasi dan kolaborasi yang tepat waktu dan efektif antar departemen, dan memberikan pengawasan operasional di seluruh Rumah Sakit setelah jam kerja.  Ia akan menjadi penghubung administratif dengan pasien, keluarga, karyawan, profesional medis, dan pelanggan eksternal. Ia akan melakukan tugas terkait yang diberikan oleh Direktur Rumah Sakit dan / atau Direktur Pengembangan Keperawatan & Layanan Klinis.

Pedoman Manager of Duty

NO

KATEGORI

JENIS YANG DIPANTAU

1

Asuhan Keperawatan

  1. Kelengkapan SAK (Pengkajian, Diagnosa, Tindakan dan evaluasi)

2

Pasien

  1. Pasien Baru
  2. Pasien pindahan
  3. Alat Bantu yang dipakai pasien : Oksigen, NGT, Katheter, Ventilator,  dll

3

Komunikasi

  1. Penjelasan kepada pasien tentang fasilitas, rencana tindakan dll
  2. Perawat memperkenalkan diri kepada pasien
  3. Handover (serah terima antar perawat) – Form Handover
  4. Delegasi tugas dari PJ kepada pelaksana, Bagian Gizi dll

4

Ketenagaan

  1. Jumlah Perawat
  2. Jumlah Assisten Perawat
  3. Sistem pembagian tugas
  4. Kerapihan Uniform Perawat dan Ass. Perawat
  5. Penanggung jawab Shift
  6. Tenaga Ambulance
  7. Perawat On Call
  8. Perawat yang terencana pulang malam

5

Fasilitas dan Lingkungan

  1. Nurse Station bersih, rapi
  2. Toilet Perawat bersih dan rapi
  3. Gudang peralatan bersih dan rapi
  4. Kursi roda bersih siap pakai
  5. Kamar / Bed pasien kosong siap pakai (periksa 1-2 kamar / bed kosong) ® Lampu Dan AC dalam keadaan mati.
  6. Test  bel pasien, telepon dll
  7. Ruang makan dan dapur dalam keadaan bersih dan rapi
  8. Gudang  Kotor (Dirty Utility) bersih dan rapi
  9. Brancar bersih dan rapi (laken bersih)
  10. Troly obat, troly makan bersih dan rapi

6

Peralatan

  1. Inventori
  2. Emergency Troly
  3. Kebersihan alat ECG dan pencatatannya
  4. Tabung Oksigen siap pakai
  5. Tensimeter, Oksimetri, Infus Pump, Syringe Pump dll (dalam keadaan siap pakai)
  6. Paket GV, Angkat Jahit, Kasa dll (alat-alat yang dikirim ke CSSD)
  7. Pagar Bed untuk keamanan pasien

7

Prosedur

  1. Prosedur –prosedur keperawatan
  2. Prosedur yang berkaitan dengan keperawatan (apakah perlu di Up Date/ Revisi )

8

Pemantauan laporan kejadian (incident report)

  1. Kejadian Jatuh (Fall)
  2. Medication Error
  3. Kejadian luka decubitus (Luka tekan akibat tirah baring)
  4. Analisa laporan kejadian

9

Administrasi dan keuangan

  1. Pasien melarikan diri
  2. Pasien pulang/meninggal bermasalah administrasi

10

Lain-lain

  1. Dokter sulit dihubungi
  2. Dokter tidak visite

Tidak ada komentar:

Posting Komentar